Selasa, 12 Agustus 2008

tentang kewirausahaan

PENDAHULUAN

Menjadi wirausaha berarti memadukan perwatakan pribadi, keuangan dan sumber-sumber daya di dalam lingkungan. Setiap wirausaha memiliki perwatakan unik, dan tujuan yang jelas. Semua wirausaha mempunyai gaya tersendiri dalam memiliki dan mengelola perusahaannya.

Menjadi wirausaha berarti memiliki kemampuan menemukan dan mengevaluasi peluang-peluang, mengumpulkan sumber-sumber daya yang diperlukan dan bertindak untuk memperoleh keuntungan dari peluang-peluang itu. Akan tetapi karena para wirausaha merupakan pemimpin dan mereka haruslah menunjukkan sifat kepemimpinan dalam pelaksanaan sebagian besar kegiatan-kegiatan mereka. Para wirausaha harus percaya teguh pada dirinya dan kemampuannya mengambil keputusannya yang tepat. Kemampuan m,engambil keputusan inilah yang merupakan ciri khas wirausaha.

Seorang wirausaha harus bias membangun mentalitas agar usahanya kelak bias sukses, wirausaha harus bias melihat peluang jauh kedepan agar usahanya menjadi maju. Seorang wirausaha juga harus mengelola waktunya dengan sangat efektif. Jadi membangun mentalitas sangat dibutuhkan oleh usahawan.

PEMBAHASAN

Para wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan yang sukses atau definisi lain wirausaha adalah individu-individu yang berorientasi pada tindakan, dan bermotivasi tinggi yang mengambil resiko dalam mengejar tujuannya.

Wirausaha harus mempunyai sifat percaya diridalam melakukan bisnisnya, seorang wirausaha harus yakin bahwa dia harus sukses dalam menjalankan usahanya. wirausaha tidak boleh mempunyai sifat ketergantungan, karena sifat ini sangat berpengaruh sekali dalam usahanya. Seorang wirausaha harus bisa belajar mandiri sebagai individualitas dan selalu optimis dalam setiap menentukan langkah.

Seorang wirausaha juga harus memberikan kepercayaan kepada rekan mitra kerjanya agar tumbuhnya saling percaya dapat memberikan peluang yang besar, wirausaha harus selalu berpikir positif dari pada berpikir negative. wirausaha tidak boleh selalu menunda dalam setiap kegiatan yang ada saat itu karena sangat berpengaruh sekali dalam usahanya, seorang wirausaha harus segera dan buru-buru mengambil dan mencari peluang agar tidak kedahuluan pesaingnya, seorang wirausaha juga harus selalu sigap dalam mencari informasi tentang bisnis agar bias membaca peluang pasar, maka sangatlah penting sekali seorang wirausaha itu selalu meningkatkan daya pikir mereka agar tidak terpuruk karena semakin majunya tehnologi.

Wirausaha harus mengejar tujuan-tujuan yang berehubungan dengan kemampuan-kemampuan dan keterampilan. Terimalah diri anda sebagaimana adanya dan cobalah tekankan kekuatan-kekuatan anda dan kuarangilah kelemahan anda. Jika anda secara jujur dan agresif mengejar tujuan ini anda akan mencapai hasil-hasil yang positif. Berorientasi pada tujuan akan mendorong sifat-sifat anda yang paling baik.

Kebanyakan orang membiarkan keadaan luar mengendalikan sikap mereka. Sikap mental positif memudahkan wirausaha untuk memfokuskan pada kegiatan-kegiatan dan kejadian-kejadian dan atas hasil-hasil yang ingin dicapai. Seorang wirausaha harus bersikap mental secara positif terhadap semua peristiwa dan mencari hikmah dalam setiap penglaman. Adapun faktor-faktor wirausaha dalam mengembangkan sikap mental yang positif.

a. Pusatkan perhatian anda sedemikian rupa dan gunakan lah pikiran anda secara produktif.

b. Pilihlah sasaran-sasaran positif dalam pekerjaan anda.

c. Bergaullah dengan orang-orang yang berpikir dan bertindak secara wirausaha.

d. Percayalah pada diri anda dan bakat-bakat anda, sukses akan dating kepada mereka yang percaya pada kemampuan mereka dan menggunakan kemampuan itu sepenuhnya.

Wirausaha yang berhasil merupakan pemimpin yang berhasil baik, seorang pempmpin harus mencari peluang-peluang memulai proyek-proyek mengumpulkan sumber daya manusia dan financial yang diperlukan untuk melaksanakan proyek untuk menentukkan tujuan mereka sendiri dan orang lain. Seorang pemimpin yang efektif akan selalu mencari peluang cara-cara yang lebih baik.

Sifat-sifat kepemimpinan harus dikembangkan sendiri karena sifat ini berbeda-beda pada setiap orang. wirausaha harus berani mengambil resiko karena mereka ingin berhasil. Mereka mendapatkan tugas-tugas yang sulit tetapi realistic dengan menerapkan ketrampilan mereka. Jadi situasi resiko kecil dan situasi resiko tinggi dihindari karena sumber kepuasan ini tidak mungkin terdapat pada masing-masing situasi itu. Ringkasnya wirausaha menyukai tantangan yang sulit namun dapat dicapai. Kebanyakan orang takut mengambil resiko karena mereka ingin aman dan mengelakkan kegagalan namun setiap pekerjaan mengandung resiko.

Dalam berwirausaha kita tidak boleh kaku tetapi kita harus aktif dan efektif dalam setiap langkahnya, agar semua yang kita cita-citakan dapat terlaksana dengan hasil yang maksimal. Tidak ada salahnya seorang wirausaha itu selalu meningkatkan skillnya kita tidak boleh malu berguru kepada orang yang dianggap mempunyai pengetahuan lebih dari kita, beguru pun tidak harus berguru pada orang yang lebih tinggi derajatnya tetapi dapat berguru pada siapa saja. Seorang wirausaha tidak boleh selalu merasa puas dia harus selalu mencoba mencoba dan terus mencoba hingga hasilnya maksimal.

Seorang wirausaha perlu berpikir positif untuk menghadapi liberalisasi perekonomian dunia. Berpikir positif merupakan bagian dari persiapan mental pengusaha untuk mengahadapi era pasar bebas. Karena era perdagangan bebas sebenarnya bukan hanya menjadi tantangan usaha kecil, tetapi juga tantangan serius bagi pengusaha menengah dan besar. Akan tetapi tantangan yang akan dihadapi oleh usaha kecil dalam era perdagangan bebas tidak seserius yang akan dihadapi oleh usaha menengah dan besar. Wirausahawan harus dipaksa untuk meningkatkan profesionalitas dan efisiensi usaha-usah guna mengantisipasi persaingan yang semaikn lama semakin besar dan ketat. Pentingnya berpikir positif bagi para wirausaha sangat dibutuhkan. Wirausaha tidak boleh takut gagal tetapi harus bisa mengambil resiko. Wirusahawan juga harus dapat menerima kenyataan dengan lapang dada apabila terjadi kerugian dalam bisnisnya. Salah satu kiat sukses pengusaha selain berpikir positif tetapi juga jeli melihat peluang dan mampu memanfaatkan peluang tersebut, punya kemampuan melihat peluang, namun tidak bias memanfaatkannya akan sia-sia. Sementara niat besar untuk menggarap usaha atau bisnis, namun tak peka melihat peluang hanya membuang waktu dan energi saja. Sehingga pengusaha yang dapat menangkap peluang bias dikatakan sebagai separo sukses sudah ada ditangan. Tinggal mengoptimalkan kinerja, etos kerjanya dan mengembangkan jaringan khususnya jaringan pemasaran.

Manajemen praktis sebenarnya masuk dalam relung-relung yang mendasar tersebut tanpa harus terkontaminasi dengan nuansa kolusi dan nepotisme. Jika seorang pengusaha masih menggantungkan diri pada fasilitas dan kemudahan birokrasi maka matanya jadi tertutup dan tak mampu lagi melihat pelauang didepan mata.

Dalam berwirausaha para manajer berperan antara lain sebagai pihak yang membantu mengatasi masalah sekaligus sebagai pencipta dan pemilihan kondisi subur bagi perkembangan perusahaan beserta SDM di dalamnya. Untuk menjalankan peran dan fungsinya yang demikian strategis itu para usahawan dan manajer wajib berupaya memperluas wawasannya sekaligus mengasah imajinasi dan daya inovasi. Ini adalah dua modal utama yang harus mereka miliki jika ingin berhasil.

Adapun yang diperlukan adalah wawasan atau pengetahuan yang mampu meningkatkan kepekaan usahawan dan manajer melihat jauh kedepan dalam hal kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa agar mampu menangkapnya sebagai peluang dan mewujudkannya sebagai usaha bisnis.

KESIMPULAN
Dari pembahasan ini tentang mengubah mental negatif menjadi positif seorang wirausaha adalah harus selalu berpikir positif dalam setiap melakukan tindakan usahanya.seorang wirausaha tidak boleh takut gagal dia harus berani mengambil resiko seorang wirausaha juga harus selalu sigap dalam setiap mencari peluang bisnis usahanya agar bisa mengikuti perkembangan pasar yang semakin pesat.
Wirausaha harus selalu mempunyai sifat percaya diri tidak mudah menyerah harus selalu mencoba dan terus mencoba hingga hasilnya maksimal,tidak ada seorang wirausaha yang putus asa,dalam mengambil modal juga harus diperhitungkan agar tidak terbuang sia-sia apabila mengalami kerugian.

Tidak ada komentar: